Fungsi Atmosfer Bumi

   Setiap kali menghirup udara, kita dingatkan bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa udara.  Terutama udara bersih karena udara tersebut adalah kebutuhan fisik manusia yang berfisat tumbal balik antara manusia dan lingkungan.  Atmosfer membuat suhu bumi sesuai untuk kehidupan manusia

  Keberadaan atmosfer yang menyelimuti seluruh permukaan bumi memiliki arti yang sangat penting bagi kelangsungan hidup berbagai organisme di muka bumi. Fungsi atmosfer antara lain :

1. Mengurangi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari.

2. Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi

3. Menyediakan okisgen dan karbon dioksida.

4. Sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi.

  Peran atmosfer dalam mengurangi radiasi matahari sangat penting. Apabila tidak ada lapian atmosfer, suhu permukaan bumi bila 100% radiasi matahari diterima oleh permukaan bumi akan sangat tinggi dan dikhawatirkan tidak ada organisme yang mampu bertaham hidup, termasuk manusia.

  Gambar 2. Sabuk Van Allen (http://en.wikipedia.org/wiki/Van_Allen_radiation_belt ,2006)

    Selain atmosfer, sabuk Van Allen juga berfungsi untuk melindungi bumi.  Sabuk Van Allen  adalah suatu lapisan yang terbuat dari medan magnet bumiyang berfungsi sebagai perisai melawan radiasi berbahaya yang membahaykan planet bumi ini. Lapisan pelindung Van Allen ini merupakan sebuah rancangan istimewa yang hanya pada bumi. Matahari dan bintang-bintang lainnya yang terus-menerus memancarkan radiasi mereka sangat berbahaya bagi makhluk hidup.  Apabila sabuk Van Allen tersebut tidak ada di bumi ini, maka radiasi matahari dengan mudah bisa menghancurkan seluruh kehidupan di muka bumi ini.

sumber : http://sakdi25.wordpress.com/2010/02/25/lapisan-atmosfer-bumi-dan-fungsinya/


Leave a Reply